Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

TRIK INVESTASI UNTUK INVESTOR PEMULA

Trik Investasi untuk investor

Holland kinderdijk 19 dutch windmills hd, Banyak orang ingin terus hidup dengan baik di masa depan. Tentu saja, jika Anda salah satunya, investasi bisa menjadi jawabannya.

Holland kinderdijk 19 dutch windmills hd
Gambar : rangkulteman.id

Tapi bagaimana, ya, bagaimana cara memulai investasi dan apa saja yang harus diperhatikan saat berinvestasi, maka dari itu saya akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu Anda sebagai investor pemula!

Hal pertama dan terpenting adalah memulai sedini mungkin

Faktor waktu memegang peranan penting dalam berinvestasi. Semakin muda Anda mulai berinvestasi, semakin mudah mempersiapkan kebutuhan Anda dan mencapai tujuan Anda di masa depan.

Sesuaikan jangka waktu investasi, profil risiko Anda, modal awal Anda dan rencana komitmen investasi Anda setiap bulannya. Semoga berkat fitur ini, rencana investasi menjadi lebih akurat.

Kemudian tentukan tujuan investasi yang spesifik, karena setiap investasi harus memiliki tujuan yang pasti. Beberapa tujuan investasi yang umum dilakukan antara lain menyiapkan dana pendidikan, dana pensiun, membeli rumah/apartemen, membeli kendaraan, merenovasi properti, berwisata, mempercepat pemotongan KPR/KPA atau menyiapkan dana pensiun. 

Jika Anda menggunakan jasa perencana atau penasihat keuangan, Anda dapat merujuk ke rencana tersebut untuk membahas waktu dan alat investasi. Jika Anda tidak memiliki penasihat keuangan, tidak apa-apa juga, kok, pilih saja mimpi atau tujuan yang menurut Anda penting yang akan memotivasi Anda untuk mulai berinvestasi. Serta menentukan waktu yang dibutuhkan dan dana yang diinginkan

Penentuan jangka waktu investasi akan mempengaruhi nilai nominal investasi dan jenis instrumen yang dipilih untuk memperoleh dana yang dibutuhkan. Aturannya, semakin pendek jangka waktu investasi, semakin besar nilai nominal yang dialokasikan, dan pilihan instrumen jatuh pada volatilitas yang lebih aman/stabil atau rendah.

Contoh : Pacar Mandy, 25 tahun, telah menetapkan target investasi umrah sebesar Rp 30 juta. Jika Mandy ingin mencapai target tersebut dalam lima tahun, misalnya melalui reksa dana pasar uang, Mandy bisa memulainya dengan kurang dari Rp 500.000 setiap bulan. 

Namun, jika ingin menunaikan umrah lebih cepat, misalnya dalam 3 tahun, Mandy harus siap membagi lebih dari Rp 500.000 melalui instrumen yang sama. Sekali lagi, waktu adalah faktor penting, ya! Tentukan dengan tepat jadwal dan target dana Anda sebelum mulai berinvestasi.

Alokasi investasi yang konsisten juga penting

Idealnya, sisihkan 10 hingga 30 persen dari pendapatan bulanan Anda untuk investasi. Pastikan uang yang diinvestasikan tidak mempengaruhi kebutuhan sehari-hari, pelunasan hutang atau dana darurat. 

Selalu ingat bahwa investasi tidak hanya menawarkan keuntungan tetapi juga melibatkan risiko. Jangan sampai muncul resiko, kelangsungan hidup anda akan terganggu. 

Berinvestasi melalui investasi tidak langsung bagi investor pemula yaitu investasi dana, termasuk dana investasi pasar modal, investasi pasar modal identik dengan produk saham. Namun tahukah Anda bahwa ada dua pilihan produk pasar modal lainnya, yaitu obligasi dan reksa dana?

Bagi pemula yang masih belum yakin dengan trading saham, solusi memulai investasi pasar modal bisa secara tidak langsung, yaitu dengan membeli produk reksa dana. 

Melalui Manajer Investasi, investor memiliki berbagai pilihan mulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Obligasi, Reksa Dana Campuran hingga yang lebih berisiko yaitu Reksa Dana Saham Biasakan diri Anda dengan hati-hati dengan berbagai pilihan investasi dan aspek-aspeknya

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada instrumen apa pun, Anda harus memperhatikan pertimbangan investasi khusus seperti tingkat risiko dan imbalannya. 

Misalnya, jika profil risiko investasi Anda cukup rendah, pastikan volatilitas emiten atau instrumen pilihan Anda termasuk dalam kategori konservatif. Jika Anda ingin mencapai tujuan investasi Anda dengan pengembalian yang diproyeksikan sebesar 7%, lihat apakah instrumen ini dapat memenuhi harapan Anda.

Jangan lupakan saran dari para  para ahli tentang perkembangan ekonomi dan bisnis di masa depan, yang dipadukan dengan tujuan investasi Anda. Banyak yang harus dipelajari, bukan? Santai! Ingatlah bahwa berinvestasi harus menyenangkan. Yang terpenting bagi pemula adalah segera memulai, baru mulai dengan instrumen konservatif atau denominasi kecil.

Baca Juga >>> Investasi tabungan emas di pegadaian

Post a Comment for "TRIK INVESTASI UNTUK INVESTOR PEMULA"